Powered By Blogger

Monday, January 23, 2017

CARA MEMBUAT KARTU UNDANGAN DENGAN COREL DRAW

Assalamualaikum wr wb

Halo sobat-sobat medsos dimanapun kalian berada, Selamat datang kembali di blog yang sangat sederhana ini, dan tentunya dengan postingan yang juga sederhana (tapi saya bersyukur loh :D).
Tapi dengan kesederhanaan ini saya ingin tetap melanjutkan berbagi ilmu kepada orang banyak, karena menurut saya berbagi itu adalah hal yang menyenangkan :'D Oke cukup sampai sini curhatannya dan berlanjut ke postingan saya selanjutnya yaitu membuat kartu undangan Sederhana dengan Corel Draw. Check It Out!.

1. Langkah pertama seperti biasa buka software Corel Draw, Untuk yang saya pakai masih Corel Draw versi X3 tapi jika kalian punya versi lain silahkan untuk menggunakannya.

2. Selanjutnya, jika sudah terbuka lembar projek buatlah dua buah persegi dengan ukuran berbeda. Caranya saya kasih tau kembali klik Rectangle Tool(F6), lalu beri warna sesuai keinginan kalian. lihat contoh gambar.


3. Jika sudah selesai, selanjutnya kita buat objek seperti gambar dibawah ini. (kenapa ada dua? karena gambar dibawah sudah melalui proses Copy + Paste. kalian harus membuat satu objek dulu, jika sudah jadi satu objek maka tinggal Copy dan Paste supaya gampang. tapi jika merasa sedikit ada kesulitan kalian boleh membuat satu objek saja)

Untuk cara membuatnya, buatlah 3 buah persegi terlebih dahulu, lalu klik Shape Tool(F10) untuk mengatur bentuk seperti pada gambar di atas. setelah selesai membuat objeknya baru kita Copy Paste dan Hasil Copy nya kalian tambahkan Outline secukupnya dengan klik Outline Tool di menu ToolBox. (hal ini bertujuan untuk membuat efek pada objek)

4. Sekarang pindahkan objek yang yang tidak diberi outline keatas objek yang diberi Outline. lalu posisikan objek seperti gambar dibawah ini. (pada objek terlihat ada efek hitam di bawahnya)


5. Sekarang kita buat objek Toa dan Bintang. (saya lebih mudah menyebutnya Toa)
Untuk membuat objek Toa kita gunakan Ellipse Tool(F7) dan Rectangle Tool(F6), untuk mengatur bentuknya kita gunakan Shape Tool(F10) lagi. (bentuklah objek toa seperti gambar dibawah atau kreasikan toa kalian sendiri).
Nah untuk bintang caranya mudah cukup klik Polygon Tool(Y) disitu sudah terdapat bentuk bintang.
Setelah itu warnai objek toa dan bintang jika telah selesai dibuat.


6. Oke selanjutnya posisikan bintang-bintang pada objek Toa. (lihat gambar)
jika posisi sudah dirasa bagus, sekarang Blok objek Toa dan Bintang menggunakan Pick Tool lalu klik kanan pada mouse dan pilih Group. (bertujuan  untuk menggabungkan objek, jika belum ada tulisan Group berarti kita belum mem-blok nya secara sempurna.)


7. Setelah kita berhasil menggabungkan objek toa dan bintang, selanjutnya Copy + Paste  objek tersebut sehingga menjadi dua buah objek. Kemudian klik di salah satu objek tersebut dan pilih Mirror pada menu Property Bar agar objek saling berlawanan arah.


8. Sekarang buatlah dua buah teks dengan warna yang berbeda. (font yang digunakan adalah Vineta BT tapi jika kalian ingin yang lain silahkan)
Hal ini hampir sama seperti langkah 3 dan 4  yaitu membuat efek. (jika tidak mau ditiru tidak apa-apa)


9. Nah jadinya seperti ini meskipun memang nampak biasa saja, tapi terlihat seperti ada efek pada teks tersebut. (jangan lupa blok kedua teks tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih Group)


10. Oke terakhir, kita tinggal posisikan objek-objeknya seperti gambar dibawah dan kreasikan kartu undangan kalian sesuai  selera. bisa juga ditambahkan gambar caranya pilih File lalu pilih Import.

Ada sedikit info, jika pada saat memposisikan objek pada objek lain seperti gambar diatas mengalami masalah yaitu masalah tenggelamnya objek/objek yang seharusnya berada diatas malah berada dibawahnya maka jangan khawatir caranya adalah menekan tombol (Shift + PgUp) atau (Shift + PgDn) pada keyboard.


Nahh itu dia tutorial cara membuat kartu undangan sederhana dengan Corel Draw, meskipun sederhana jika di deskripsikan dengan tulisan akan terasa sedikit menyulitkan, tapi meskipun begitu saya harus tetap bisa membagikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang dimengerti, untuk lebih jelasnya silahkan berkomentar :)
"Jangan pernah berhenti mencoba hanya karena goresan kecil"

Wassalamualaikum wr wb

No comments:

Post a Comment